Pages

Minggu, 25 Februari 2018

Pembahasan Hasil Kuisioner

 Kami telah berhasil mengumpulkan data melalui kuisioner terkait mata kuliah TPB dan pengaruh nilai TPB terhadap IPK. Total mahasiswa yang mengisi kuisioner sebanyak 218 orang, namun beberapa responden tidak mencantumkan identitasnya. Mayoritas responden berasal dari Fakultas Keperawatan dengan jumlah responden sebanyak 94 orang.

Hasil kuisioner yang kami kumpulkan merujuk pada kesimpulan bahwa nilai TPB tidak menurunkan nilai IPK (jumlah responden 110 orang), berbeda tipis dengan responden yang IPK-nya menurun karena nilai TPB (106 responden). Meskipun demikian, Bidang Satuan Penjamin Mutu Universitas Padjadjaran perlu melakukan perbaikan, adapun perbaikan yang dilakukan adalah berupa konsistensi terhadap kontrak belajar dan sistem pembelajaran.

Sebanyak 190 responden dari 218 responden menyatakan bahwa pembelajaran TPB kurang efektif, mayoritas responden juga menyatakan bahwa mereka ragu-ragu terhadap bertambahnya pengetahuan mereka setelah belajar TPB. Selain itu, mayoritas responden mengaku bahwa mereka tidak diberikan informasi terkait cara kerja turn it in , cara penulisan APA Style, dan cara mengutip agar terhindar dari plagiarisme.

Semoga hasil pengolahan data kuisioner yang kami lakukan dapat menjadi informasi berguna untuk perbaikan TPB di tahun berikutnya, mengingat bahwa banyak responden yang setuju agar mata kuliah TPB tetap dilaksanakan di tahun berikutnya dengan syarat adanya perbaikan.

0 komentar:

Posting Komentar