Pages

Rabu, 21 Februari 2018

Assignment Kelompok 4 Simforkep

ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN TPB 2017 PADA NILAI INDEKS PRESTASI (IP)


Fakultas Keperawatan Unpad
Sistem Informasi Keperawatan Semester 2
Kelompok 4 :
  1. Rohman Hikmat               - 220110170041
  2. Tati Sumarni                     - 220110170046
  3. Kintan Komala                 - 220110170048
  4. Sayyidati Isni Maulani     - 220110170044
  5. Riftania Aulia P                - 220110170031
  6. Devi Anggraeni                - 220110170054
  7. Gina Fitriana                     - 220110170039
  8. Selvia Nurfauzan              - 220110170029
  9. Rizkika Nur Amalia           - 220110170052
  10. Aulia Rahmi F                    - 220110170033
  11. Nisrina Nabila Heryana     - 220110170035
  12. Annisa Fitri Mifa Effendy  - 220110170037
  13. Try Silvia Afaf Meilan         - 220110170050



Latar Belakang Masalah


Mata kuliah Tahapan Persiapan Bersama atau yang sering kita dengar dengan mata kuliah
TPB merupakan pembelajaran yang telah dievaluasi dari tahun sebelumnya. Mata kuliah 
TPB tahun 2017 terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, dan Pendidikan 
Kewarganegaraan. Evaluasi mata kuliah TPB sendiri dengan dua tugas makalah dengan
ketentuan makalah 1 dalam bahasa Indonesia bertemakan salah satu poin SDG’s yang
dikaitkan dengan konten agama, makalah 2 dalam bahasa inggris bertemakan salah satu 
poin SDG’s yang dikaitkan dengan konten Pendidikan Kewarganegaraan.Tujuan dari TPB
sendiri sebenarnya untuk mensosialisasikan perihal tujuan SDG’s tersendiri.

SDG’s merupakan ketujuh belas poin yang dicanangkan oleh PBB untuk membuat kondisi
dunia yang merata. Selain itu, tujuan dari SDG’s sendiri yaitu untuk membuat kondisi 
ekonomi, sosial, dan kesehatan di dunia untuk lebih optimal. Sebagai salah satu 
PerguruanTinggi Negeri di Indonesia, Universitas Padjadjaran mendukung secara penuh
terhadap program SDG’s tersendiri kepada mahasiswanya selaku agen-agen perubahan 
yang akan dilahirkan oleh Unpad untuk memberikan kemajuan yang baik terhadap dunia.

Meski sudah berjalan ditahun kedua, masih begitu banyak permasalahan yang dirasakan 
oleh mahasiswa baru dan bahkan dirasa lebih bermasalah dari tahun sebelumnya. 
Sebagian besar fakultas mempermasalahkan perihal pembelajaran TPB yang dirasa
kebermanfaatannya kurang dirasakan sehingga melenceng dari tujuan TPB itu sendiri.
Bahkan berbagai pihak BEM dan angkatan 2017 banyak yang melakukan diskusi dan
protes mengenai permasalahan TPB sendiri.Banyak mahasiswa yang merasa 
dikecewakan oleh pihak penyelenggara TPB, mengingat bahwa proses penilaian tidak
sesuai dengan kontrak belajar di awal pembelajaranTPB. Pada kontrak awal disebutkan
bahwa presentase kehadiran akan digunakan sebanyak 80% dalam penilaian akhir dan 
nilai makalah menyumbang 20% terhadap nilai akhir, sedangkan dalam proses
pelaksanaannya nilai akhir diambil 40% dari makalah 40% dari turn it in dan 20%
kehadiran. Keluhan semakin bermunculan setelah hasil akhir penilaian TPB telah 
masuk ke paus.id masing-masing, banyak yang mengeluhkan penilaian TPB yang
tidak sesuai dengan perjanjian saat kontrak belajar. Padahal mereka sudah berusaha
maksimal agar memenuhi kriteria penilaian tersebut. Bahkan ada isu bahwa beberapa
fakultas mendapatkan IndeksPrestasi yang menurun setelah keluarnya nilai TPB.


Tujuan
Tujuan dari pengumpulan data yang kami lakukan adalah untuk mengetahui dampak
pembelajaran TPB terhadap nilai IP dan untuk mengetahui respon mahasiswa 
angkatan 2017 perihal perkuliahan TPB sehingga diharapkan dapat memengaruhi 
kebijakan tim pengurus dan penyelenggara TPB untuk  memperbaiki sistem 
pembelajaran kedepannya.


Manfaat
Manfaat dari pengumpulan data yang kami lakukan adalah dapat digunakan sebagai 
bahan evalusi sistem pembelajaran TPB yang telah dilaksanakan.


Stake Holder
Bidang Satuan Penjamin Mutu Universitas Padjadjaran


Pelaksanaan Pengumpulan Data


Dalam tahap pengumpulan data, subjek penelitian yang kami pilih adalah mahasiswa 
dan mahasiswi Universitas Padjadjaran angkatan 2017. Hal tersebut dilakukan 
mengingat bahwa mereka adalah pihak yang terlibat langsung dengan program 
pembelajaran TPB dan mereka pula yang mendapatkan dampak dari proses 
pembelajaran tersebut. Adapun jumlah mahasiswa yang kami targetkan dalam 
pengumpulan data tersebut minimal berjumlah 100mahasiswa, mereka diharapkan
mampu mewakili aspirasi mahasiswa mengenai permasalahan TPB.
Penelitian ini didesain bersifat kuantitatif, yakni hanya menggunakan nilai angka yang 
terdapat dalam data untuk mengetaui gambaran tanggapan mahasiswa mengenai 
perkuliahan TPB. Adapun instrumen penelitian yang kami gunakan adalah kuisioner
online dalam bentuk google formulir yang bersifat terbuka. Kuisioner itu sendiri 
terdiri dari butir-butir pertanyaan mengenai seputar kegiatan TPB. Kami memilih
metode tersebut dikarenakan lebih praktis dan tidak memakan biaya ataupun waktu
yang banyak. Lama waktu yang kami berikan kepada para responden adalah 24 jam,
yakni dimulai pada Kamis 22 Februari 2017 pukul 11.00 siang sampai dengan 
Jum’at 22 Februari pukul 23.00.






Kuisioner TPB 2017
Kelompok 4
Sistem Informasi Keperawatan
Fakultas Keperawatan Unpad
Semester 2 (Angkatan 2017)
1.   Nama Lengkap / Inisial
.................................
2.   NPM
.................................
3. Fakultas
o   Keperawatan
o   Hukum
o   Ekonomi dan Bisnis
o   Kedokteran
o   Pertanian
o   Kedokteran Gigi
o   Ilmu Budaya
o   Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
o   Psikologi
o   Peternakan
o   Ilmu Komunikasi
o   Perikanan dan Ilmu Kelautan
o   Teknologi Industri Pertanian
o   Farmasi
o   Teknik Geologi
4. Apakah huruf mutu nilai TPB anda?
o   A
o   B
o   C
o   D
o   E
o   A dan B
o   B dan C
o   C dan A
o   Other:
............................
5.   Apakah IPK anda menurun setelah nilai TPB masuk ke dalam
perhitungan IP
o   Ya
o   Tidak
6. Apakah persentase kehadiran anda selama pembelajaran TPB diatas 80%?
o   Ya
o   Tidak
7. Jumlah mahasiswa yang berada dalam kelompok TPB
o   50-100
o   100-200
o   200-300
8.   Meninjau mata kuliah TPB, apakah pembelajaran yang dilakukan sudah
efektif?
o   Ya
o   Tidak
9. Apakah mata kuliah TPB membuat kamu semakin banyak mengenal mahasiswa
 Unpad khususnya antar fakultas?
o   Ya
o   Tidak
10. Apakah selama pembelajaran mata kuliah TPB mahasiswa diajarkan
perihal penulisan ilmiah (yang berhubungan dengan tugas akhir TPB)?
o   Ya
o   Tidak
11.  Apakah dosen yang mengajar mata kuliah TPB mengajarkan penulisan APA 
style dalam penulisan makalah?
o   Ya
o   Tidak
12. Apakah dosen yang mengajar mata kuliah TPB mengajarkan cara
mengutip agar terhindar dari plagiarisme?
o   Ya
o   Tidak
13. Apakah selama pembelajaran mata kuliah TPB ada penjelasan perihal
penilaian turnitin?
o   Ya
o   Tidak
14.Bagaimana cara anda mengerjakan makalah TPB?
o   Membuat sendiri (Internet hanya sebagai referensi)
o   Membuat joki
o   Banyak menyalin dari internet
o   Tidak mengerjakan
15. Apakah pengetahuan dan kemampuan anda dari mata kuliah TPB
(mencakup SDG's, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN, dan Agama) 
bertambah?
o   Ya
o   Tidak
o   Mungkin
16. Apakah mata kuliah TPB perlu dilaksanakan di tahun berikutnya?
o   Ya, dengan perbaikan sistem
o   Ya, dengan sistem yang sama
o   Tidak
17. sertakan alasan mengapa anda menjawab tersebut
...................................................................................
18.  Kritik dan saran untuk mata kuliah TPB
..................................................................................



0 komentar:

Posting Komentar